Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Kantung Empedu

 


Kantung empedu adalah sebuah kantung yang menyimpan cairan empedu dan posisinya berada di bagian atas kanan perut.Empedu juga memiliki peran penting dalam pencernaan tubuh. Selain itu empedu juga memiliki fungsi untuk membuang limbah tubuh tertentu terutama pigmen hasil pemecahan sel darah merah,  kelebihan kolesterol, dan membantu penyerapan lemak dan kolesterol.Oleh karena itulah penting sekali untuk menjaga kesehatan empedu. Maka Kami akan memberikan informasi mengenai informasi kesehatan empedu melalui pola hidup sehat dan makanan untuk kesehatan empedu.

f:id:hidupituindah:20170910215602p:plain


Menjaga Kesehatan Kantung Empedu Dengan Pola Hidup Sehat

Sebenarnya menjaga kesehatan kantung empedu adalah dengan mencegah terjadinya batu empedu.

Salah satu caranya dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan kantung empedu Anda :

1. Sering Minum Air Putih

Air putih memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh, yaitu membantu metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan. Maka minumlah kurang lebih 8 gelas air putih dalam sehari.

2.Olahraga Secara Teratur

Lakukanlah olahraga secara rutin untuk membakar kalori dalam tubuh Anda. Anda bisa melakukan olahraga sedang seperti senam, lari, berenang, dan olahraga ringan lainnya.

3. Kontrol Berat Badan

Salah satu penyebab batu empedu adalah obesitas, karena terjadinya penumpukan kolestrol dalam tubuh dan mengendap, sehingga menimbulkan munculnya batu empedu. Oleh karena itu jagalah berat badan Anda dengan melakukan olahraga atau makan-makanan sehat untuk menurunkan berat badan.

4. Kurang Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Penumpukan lemak yang disebabkan oleh makanan-makanan berkalori tinggi dapat menimbulkan batu empedu.

5. Hindari Tidur Setelah Makan

Bahaya jadinya jika Anda tidur setelah makan, karena dapat menyebabkan penumpukan lemak berlebih.

6. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Rokok dan minuman alkohol merupakan sesuatu yang berat untuk dicerna, sehingga mempengaruhi kerja ginjal dan mempengaruhi kerja kantung empedu yang harus ekstra lebih untuk menyerap kandungan zat-zat yang ada pada rokok dan minuman beralkohol.

7. Hindari Penggunaan Obat-obatan Yang Tidak Tepat

 

Beberapa obat-obatan bisa menjadi pemicu munculnya batu empedu, oleh karena itu gunakan obat-obatan atas saran dari dokter.

Makanan Untuk Kesehatan Kantung Empedu

Mengatur asupan yang masuk pada tubuh menjadi hal penting agar terhindar dari penyakit batu empedu. Berikut adalah makanan-makanan sehat untuk kantung empedu :

1. Sayur dan Buah-buahan

Buah dan sayuran yang mempunyai kadar antioksidan yang bernama likopen betakaroten, dan kaya vitamin C sangat baik untuk kesehatan kantung empedu. Sayur dan buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan kantung empedu antara lain kiwi, berry, jeruk, melon, wortel, kubis dan lain sebagainya.

2. Minyak Nabati

Lemak jenuh dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan batu empedu. Tapi lain halnya dengan minyak nabati yang dapat bermanfaat untuk kesehatana empedu, seperti minyak zaitun dan minyak canola.

3. Kacang-kacangan

Penyebab muncul batu empedu adalah penumpukan kolesterol. Maka kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan kantung empedu karena rendah lemak. Kacang-kacangan juga diketahui memiliki serat yang tinggi dan juga sumber protein nabati yang memang rendah lemak serta bebas kolesterol.Beberapa kacang-kacangan yang bermanfaat untuk kesehatan kantung empedu antara lain, kacang merah, kacang kedelai, kacang koro, kacang panjang dan lain sebagainya.

4. Biji-bijian

Beberapa biji-bijian yang beramanfaat untuk kesehatan kantung empedu antara lain beras merah, gandum, barley, kinoa, oats dll.Itulah beberapa tips ampuh untuk menjaga kesehatan kantung empedu agar terhindar dari penyakit batu empedu. Silakan coba tips ini dan semoga Anda bisa memulai hidup sehat dari sekarang.