Tips Mudah Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

 
Tips Tidur Nyenyak – Tidur adalah kebutuhan tubuh tubuh kita agar dapat kembali bugar dan siap menghadapi aktifitas esok hari. Namun tak sedikit dari kita yang merasakan sulitnya mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Hal ini bisa dikarenakan sedang diserang gejala sakit yang mengganggu, atau pikiran yang kurang tenang sehingga sulit membuat kita terlelap. Untuk itu, 
berikut ini beberapa tips sederhana agar anda dapat memperoleh tidur yang nyenyak dan lebih berkualitas.

f:id:hidupituindah:20170910220809p:plain

Tetapkan Waktu Tidur Anda
Buat waktu yang pasti kapan anda akan mulai tidur dan kapan anda akan bangun setiap harinya. Misalkan anda membuat jam tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 5 pagi, maka meski anda merasa belum mengantuk, naiklah ke tempat tidur tepat pukul 10 malam. Lama – kelamaan, tubuh akan terbiasa untuk tidur jam 10 malam.


Matikan Lampu Kamar Tidur Anda
Ruangan kamar yang gelap akan membuat otak anda memerintahkan tubuh dan pikiran untuk lelah dan mengantuk. Hal ini dikarenakan otak menganggap suasana yang gelap adalah malam hari, yang merupakan waktu biologis untuk tidur. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa tidur dalam suasanya yang sangat gelap, akan membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Sehingga tubuh terasa lebih segar saat bangun nanti.


Hindari Makan Makanan Besar Saat Mau Tidur
Cobalah makan malam lebih awal, atau berikan jarak dengan waktu tidur anda. Misalkan waktu tidur anda adalah pukul 10 malam, maka usahakan makan malam anda pukul 7 malam. Hal ini dikarenakan perut yang penuh dan padat akan cukup mengganggu pernafasan dan pergerakan anda saat tidur. Jika memang makan lebih malam, cobalah untuk makan ringan dan tidak berlebihan.


Olahraga Secara Rutin
Olahraga adalah hal yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam memberikan kualitas tidur yang baik. Rutin berolahraga akan membuat peredaran darah lebih lancar. Jika anda berolahraga pada sore hari, maka malamnya anda akan dapat tidur dengan nyenyak.

 

Minum Air Putih Sebelum Tidur
Rata – rata orang tidur malam selama 7 hingga 8 jam. Selama itu, tubuh tidak mendapatkan asupan air yang merupakan kebutuhan penting bagi tubuh. Akibatnya, anda dapat mengalami dehidrasi ringan atau gelisah saat tidur. Maka dari itu, biasakan minum minimal satu gelas air putih ketika akan tidur.

Jika anda merasa sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas saat malam hari, mungkin anda dapat mencoba beberapa tips diatas. Ingat, tidur yang sehat bukanlah berapa lama anda tidur. Tapi bagaimana kualitas tidur anda tersebut. Semoga bermanfaat.